Implementasi 4vS Big Data Dalam Mandiri E-Money

1. Pengertian E-Money

Mandiri E-Money Adalah Salah Satu Uang Digital atau uang elektronik, dimana e-money berfungsi untuk memindahkan data saldo uang yang terkandung pada e-money kita ke komputer, smartphone atau sistem informasi penjualan, sehingga barang yang kita inginkan terbeli tanpa mengeluarkan uang cash.

2. 4vS Dalam E-money/Mandiri E-cash

A. Volume

Bank Mandiri Atau Mandiri E-cash Akan menyimpan seluruh data Ter-Update seperti nama pengguna, Password dan riwayat transaksi berupa data yang sangat besar dalam bentuk kilobyte,megabyte,Gigabyte bahkan Terabyte

B. Velocity

Proses-proses yang melibatkan hubungan antara suatu mesin dengan mesin lainya telah melibatkan pertukaran data antar jutaan perangkat; peralatan sensor dan perangkat-perangkat pada infrastruktur yang akan menghasilkan log data secara real time seperti proses transaksi dalam E-money/Mandiri E-cash tersebut.

C. Variety

Mandiri E-Money memiliki bentuk format data yang beragam baik terstruktur ataupun tidak terstruktur dan bergantung pada banyaknya sumber data.

D. Veracity

Mandiri E-Money menggunakan veracity untuk meningkatkan akurasi dan tingkat kebenaran suatu data, hal ini bukan sekedar tentang kualitas data yang di simpan, tetapi terkait juga dengan tingkat kebenaran data tersebut semisal mendeteksi darimana sumber data itu, siapa yang membuatdata itu. Contoh :Data yang di tampilkan ketika kita selesai melakukan Transaksi yang terdiri dari: Tempat dan Waku Transaksi.

3. Pengumpulan/Penyimpanan Big Data

4.Penerapan E-Money Di Indonesia

Di Negara yang telah maju, mereka sudah memanfaatkan E-money dengan baik. Disana orang menerima gaji mereka melalui deposit langsung memindahkan uang dengan transfeer dana elektronik, dan menghabiskan uang dengan kartu kredit dan debit.

Di Idonesia sendiri sudah mulai diterapkan penggunaanya seperti yang kita kenal seperti kartu Mandiri E-money,Visa,Flazz BCA dll. Saat ini juuga hampir semua operator telekomunikasi besar di tanah air sudah ikut masuk ke industri uang digital. Kemudahan dan efisien yang menjadi niilai tambah alat pembayaran berbentuk digital tersebut mendorong para pemain telekomunikasi ingin ikut ambil bagian menyediakan layanan e-money.

Leave a Reply